Rabu, 27 April 2011

Koleksi Lukisan Picasso Yang Hilang Ditemukan Di Garasi Pensiunan Tukang Listrik

Diposting oleh Unknown di 08.24 ,
Pablo PicassoSeorang pensiunan tukang listrik bernama Pierre Le Guennec, 71 tahun yang tinggal di Prancis selatan mengatakan dia memiliki ratusan lukisan karya Pablo Picasso yang tidak pernah diketahui umum sebelumnya.

Mr Le Guennec mengklaim bahwa ia diberi koleksi lukisan tersebut ketika dia melakukan pekerjaan sambilan di rumah Picasso di Côte d'Azur 40 tahun yang lalu.

Koleksi 271 lukisan itu termasuk litograf, lukisan gaya kubisme, buku catatan, dan lukisan cat air. Koleksi ini diduga bernilai sekitar Rp710 miliar.
Ratusan Koleksi lukisan yang hilang tersebut disimpan di garasi rumahnya di Riviera.
Tetapi pemerintah setempat mengajukan kasus gugatan terhadapnya atas tuduhan menerima karya seni secara ilegal.

Le Guennec bekerja memasang berbagai sistem alarm anti pencuri di beberapa rumah milik Picasso di Prancis sebelum sang pelukis terkenal itu meninggal dunia tahun 1973.

Menurut surat kabar Prancis Liberation, karya-karya Picasso yang hilang itu termasuk sebuah lukisan cat air dari Periode Biru pelukis itu dan para ahli mengatakan sembilan karya lukisan gaya kubis milik Le Guennec saja bernilai Rp473 miliar.

Bulan September lalu dia menghubungi pengelola aset Picasso dan meminta agar lukisan-lukisan itu mendapatkan sertifikat asli dari putra Picasso, Claude.

Tetapi Claude mengatakan penjelasan Le Guennec mengenai bagaimana karya-karya Picasso itu bisa sampai ke tangannya ganjil dan keluarga Picasso sudah menghubungi Kantor Pusat Anti Penyelundupan Barang-Barang Kebudayaan.

Polisi dilaporkan sudah memeriksa rumah Le Guennec di Cote d'Azur, dan menyita koleksi lukisan itu serta menginterogasi dan menyita lukisan.
Pierre Le Guennec
Pierre Le Guennec

Back Top

0 komentar:

Posting Komentar